Halaman

Sabtu, 05 Januari 2013

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Variabel Penelitian
Variabel penelitian ini terdiri dari tiga macam variabel, yaitu satu variabel terikat (dependent variable) atau menurut Dwi Aryani dan Febrina Rosinta (2010), “merupakan variabel yang dapat diukur, diprediksi, atau dengan kata lain dapat dimonitor dan diharapkan dipengaruhi oleh variabel bebas”, dan dua variabel bebas (independent variable) atau variabel yang mempengaruhi variabel terikat.

Variabel- variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1) Variabel terikat (dependent variable), yaitu strategi (Y).
2) Variabel bebas (independent variable), yaitu periklanan (X1), promosi penjualan (X2) dan humas (X3).

3.2 Definisi Operasional
Definisi Operasional adalah melekatkan arti pada suatu variabel dengan cara menetapkan kegiatan atau tindakan yang perlu untuk mengukur variabel itu. Pengertian operasional variabel ini kemudian diuraikan menjadi indikator empiris yang meliputi:
1) Variabel terikat (dependent variable)
pentingnya adanya strategi komunikasi pemasaran bagi franchisee, karena dengan semakin banyaknya franchisee, semakin kuat pula brand Kebab Turki Baba Rafi.
2) Variabel bebas (independent variable)
periklanan (X1)
Suatu system pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media periklanan untuk respon yang terukur dan atau transaksi di lokasi apapun
promosi penjualan (X2)
Promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diukur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan/atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
humas (X3)
Kegiatan-kegiatan humas, jika tidak dipandang sebagai iklan gratis, bisa jadi lebih mengena dan ekonomis daripada iklan biasa, terutama kalau yang dibutuhkan adalah penyiapan pasar dan menciptakan pengetahuan serta pemahaman para calon pembeli (jadi bukan mencetak penjualan secara langsung).

3.3 Populasi dan Sampel
Santoso dan Tjiptono dalam Dedi Rianto Rahardi (2011) menyatakan bahwa populasi merupakan sekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus, populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan.

3.4 Jenis dan Sumber Data
a. Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya dengan cara mengamati dan mencatat untuk pertama kalinya (Marzuki, 1986). Data ini didapat dari hasil wawancara dengan berbagai pihak yang mengetahui dan memahami tentang bisnis waralaba Kebab Turki Babarafi. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan bagian marketing.
b. Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti, namun didapat dari buku-buku, majalah, brosur dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan permasalahan yang akan dikaji (Marzuki,1986).

3.5 Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan model analisis interaktif. Menurut Miles dan Huberman dalam Pawito, 2007, analisis data setiap kasus dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah, sebagai berikut:

a. Pengumpulan data
Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan langsung dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik wawancara atau interview Defini wawancara yang ditegaskan Lincoln dan Guba dan dikutip oleh Dr. Lexy J. Moleong dalam buku Metodologi Penelitian Kualitatif Adalah “mengkonstruksi, mengenai orang, kejadian, kegiatan, organisasi, perasaan, motivasi, tuntutan, kepedulian dan lain-lain kebulatan; merekonstruksi kebulatan-kebulaan sebagai yng dialami masa lalu; memproyeksikan kebulatan-kebulatan sebagai yang telah diharapkan untuk dialami pada masa yang akan datang; memverifikasi, mengubah dan memperluas informasi yang diperoleh oleh orang lain, baik manusia maupun bukan manusia (triangulasi); dan memverifikasi, mengubah dan memperluas konstruksi yang dikembangkan oleh peneliti sebagai pengecekan anggota”.

b. Studi Pustaka
Menurut Soehadi Sigit, studi pustaka adalah mempelajari apa yang akan tertulis dan dapat dilihat dari dokumen-dokumen yaitu berupa buku, surat kabar, arsip-arsip dan sebagainya

Tidak ada komentar: