Bauran pemasaran atau Marketing Mix merupakan alat pemasaran yang dapat dikendalikan untuk menghasilkan repon yang diinginkan dalam pasar sasaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi Maketing Mix menurut Jarome Mc Carthy adalah Product, Price, Place dan Promotion yang lebih dikenal 4Ps
Product (Produk)
Dalam dunia pemasaran, setiap perusahaan bersaing untuk mengumukakan produknya yang kompetitif. Sehingga untuk menghasilkan produk yang menarik diperlukan pula ide-ide cemerlang serta kreatifitas yang tinggi. Hal ini lah yang membuat produk-produk yang berada di pasar selalu memberikan inovasi-inovasi dan sentuhan seni guna memenangkan persaingan pasar, sebagai kelebihan yang kompetitif. Contohnya seperti kaus yang bertuliskan "sayang ayah bunda" sebenarnya hanyalah kaus berwarna biasa hanya saja ada sentuhan ide kreatif dalam penulisan kata-katanya, sehingga kaus ini memiliki nilai yang lebih tinggi.
Price (Harga)
Selama ini terdapat stigma dalam masyarakat bahwa harga melambangkan kualitas suatu produk, dengan kata lain semakin mahal harga suatu produk semakin tinggi pula kualitasnya. Namun kenyataanya tidak demikian, paradigma harga seperti itu tidak dapat dijadikan tolak ukur dari kualitas suatu produk.
Penetapan harga dapat ditentukan melalui beberapa cara, diantaranya :
Harga jual untuk reseller = harga beli + mark up
*mark up : keuntungan yang diinginkan
Harga juar per-unit untuk perusahaan menufaktur = total biaya
unit yang di halkan
Strategi penetapan harga sangatlah penting karena hal ini akan mempengaruhi pelanggan untuk membeli dan selanjutnya menjadi loyal customer. Karena mereka berani bayar mahal untuk kualitas yang baik dan pelanggan akan senang juga jika kualitas baik dan harga terjangkau
Place (Tempat)
tujuan dalam hal ini adalah menawarkan produk yang tepat, di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Karena bagaimanapun sang penjual perlu untuk melihat lokasi guna kefektifan produk dikalangan pengguna, seperti dibukanya departemen strore di sekitar kawasan perumahan.
Promotion (Promosi)
Promosi merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen karena perlunya adanya mempengaruhi pembeli untuk mengenal produk yang dijual lebih dekat. Pengiklanan dalam media massa, media elektrotik, dan jejaring sosial menjadi pilihan untuk mempromosikan suatu produk. Namun, walau bagaimanapun pemasaran yang paling efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut.
Selain Marketing Mix 4Ps yang dicetuskan oleh Jarome Mc Carthy, Booms dan Bitner menambahkan 3Ps lagi, sehingga menjadi Marketing Mix 7Ps, yaitu :
People (Pelaku)
Semua pelaku yang turut ambil bagian dalam penyajian jasa dan dalam hal
ini mempengaruhi persepsi pembeli. Yang termasuk dalam elemen ini adalah
personel perusahaan dan konsumen (Boom dan Bitner 2000; 234).
Process (Proses)
Proses adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang
diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada
pelanggan (Lovelock dan Wright 2002:13-15)
Physical Evidence (Bukti Fisik)
Bukti fisik dan yang mewakili (Physical Evidence and Presentation).
Bukti fisik yang dimiliki oleh penyedia jasa yang ditujukan kepada
konsumen sebagai usulan nilai tambah konsumen (Philip kotler).
Tugas Perilaku Konsumen #
Siti Anna Istiana
Universitas Gunadarma
Manajemen
16210581
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar