Menurut Daft (2002: 307) Strategi
adalah ”Rencana tindakan yang menjabarkan alokasi sumber daya dan
aktifitas-aktifitas untuk menanggapi lingkungan dan membantu mencapai sasaran
atau tujuan organisasi. ”
Strategi merupakan cara untuk mencapai
tujuan-tujuan, mengatasi kesulitan
dengan memanfaatkan sumber-sumber dan kemampuan yang dimilikinya. Jadi,
strategi merupakan rencana yang ditujukan untuk mencapai tujuan tersebut. Terkadang
perusahaan memiliki tujuan yang sama, tetapi mereka menggunakan strategi yang
berbeda.
Tull dan Kahle (1990:25) mendefinisikan strategi pemasaran:
“Marketing
strategy is the fundamental means for achieving the company’s objective by
developing a sustainable competitive advantage through the markets entered and
the marketing programs used to serve them.”
(Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan
untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan
melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani
pasar sasaran tersebut).
Sedangkan strategic management (manajemen
strategi) adalah seni dan ilmu
memformulasikan, mengimplementasi dan mengevaluasi keputusan lintas
fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuannya (David, 2006:5).
Manajemen strategi merupakan proses manajemen komprehensif
dan berkelanjutan yang ditujukan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan
strategi yang efektif ( Griffin, 2004:226).
Menurut American Marketing Association
(AMA) dalam mendefinisikan pemasaran sebagai berikut:
”Marketing is the process of planning and executing the concepting,
pricing, promotion,and distribution of ideas, goods, and sevices to create
exchanges that satisfy individual and organizational goals”.
Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan
menjalankan konsep, harga, promosi dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.
(Lamb, Hair, Mc Daniel, 2001:6)
Menurut Stoner, Freeman dan
Gibert Jr yang dikutip Fandy Tjiptono (2000:3) dalam bukunya
strategi pemasaran, menjelaskan bahwa konsep strategi dapat didefinisikan berdasarkan
dua perspektif yang berbeda, yaitu:
a. Dari perspektif apa yang ingin dilakukan (intend to
do)
b. Dari perspektif apa yang akhirnya lakukan (eventually
does).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar