Halaman

Jumat, 26 Oktober 2012

Analisis Jurnal

 Jurnal  III      : Analisis Atribut Pemasaran pada Beberapa Resoran Cepat Saji di Jakarta
oleh                : Chandra Adhitya Manoppo (PT Graha 165)
                         Edi Abdurachman ( Binus Bussiness School)

Pendahuluan
             Banyaknya restoran cepat saji di Indonesia menimbulkan persaingan ketat dalam kompetisi mutu serta kualitas produk yang dihasilkan untuk dapat bertahan dan terus berkembang dalam persaingan perusahaan harus mengetahui stategi pemasaran yang tepat.  Implementasi strategi pemasaran memberi nilai tambah bagi restoran cepat saji serta kepuasan  tersendiri bagi konsumen.
             Makanan cepat saji mulai populer pada tahun 1980. Masuknya beberapa nama Internasional ke kanah franchise di Indonesia seperti Kentucky Fried Chicken, Mc Donald, Texas Fried Chicken. Beberapa diantara mereka menggunakan ide-ide untuk menambah menu makanan sebagai alternatif menu utama mereka.

Rumusan Permasalahan 
            Pelaku Indutri restoran cepat saji meningkatkan daya jual dan daya saing guna menarik konsumen dengan memperbaiki atau memperhatikan kualitas atributnya. 
           Penulis ingin mengevaluasi kembali strategi pemasaran beberapa restoran cepat saji di Indonesia khususnya Jakarta apakah kinerjanya sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Tinjauan Pustaka
               Dalam bukunya Kotler(2002) definisi pemasaran adalah suatu proses sosial didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, secara bebas pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain.
              Menurut American Marketing Association [Khasali, 1998, 53] Pemasaran adalah suatu proses perencanaaan dan esekusi mulai dari tahapan konsepsi, penetapan harga, promosi, distribusi, ide-ide dan jasa untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga-lembaganya.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Mc Carthy (1960) dengan teorinya 4P (Price, Product, Place, and Promotion)

Karakteristik dan Perilaku Konsumen
Dalam pengumpulan data primer dengan teknik penyebaran kuisioner.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
  1. Faktor Sosial
  2. Faktor Pribadi
  3. Faktor Psikologis
Segmentasi
                Menurut Kotler (1991) adalah suatu proses untuk membagi-bagi mengelompokkan konsumen ke kotak yang lebih homogen

Targeting/ Selecting
             Hasil dari targeting merupakan pasar sasaran (target market)

Positioning
               Menurut Kotler (1991) adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen

Metodologi Penelitian


Metode Pengupulan data
  1. Data Primer
          Data kualitatif dan kuantitatif  diperoleh langsung dari konsumen cepat saji, melalui wawancara terstruktur dengan daftar pertanyaan (kuisioner)   
    2.  Data Skunder
          Data yang diambil dai sumber atau pihak lain, seperti: internet: majalah dan beragai literatur
Sample 
probability sampling digunakan karena luasnya populasi

 

Tidak ada komentar: